Home »

Hati-hati minum susu !!!

Categories

Calendar

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

RSS Detik.Com

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

hari ini saya baru ngerasain apa yang banyak orang bilang, yaitu tentang kerugian minum susu kalau tidak hati-hati, kenapa ??

sebetulnya hari ini rencana saya pulang kampung ke jawa sna, karena sudah kurang lebih 1 semester g pulkam (kangen bapak ibu euy😦 ) sudah saya prepare smuanya buat pulang dan juga besok sabtu, teman saya di UPN jogjja ada yang di wisuda(kalau saya masih lama kyknya :(  ) nah tapi tadi pagi sebelum beli tiket saya urung beli, karena tiba-tiba perut saya gak enak rasanya mau muntah dah mual, serta sesak perut saya rasanya (yg jelas bukan gejala hamil lho ya🙂 ) trus saya ingat-ingat kenapa ya

ko badan saya juga lemes, pokoknya g enak lah badan saya hari ini, trus saya ingat-ingat lagi,,,,,,

O IYA!!! kmrn malem saya sempat kelupaan habis minum vitamin-C merek “xxx-C” habis itu saya minum susu, maklum kebiasaan minum susu, biar cepet gede k

nah itu dia penyebab saya gag jadi pulkam (hiks :( ) nah buat teman-teman yang baca tulisan saya ini harap diperhatikan, kalau makan atau minum sesuatu harus diperhatikan kalau tidak bisa terjadi komplikasi kaya saya ini, ini ada tulisan orang tentang ini (copast dari forum paporit anne🙂 sory gan !!! )

Bolehkah Minum Obat dengan Susu?

Oleh Silvia Iskandar

Kita sering mendengar bahwa obat tidak boleh diminum dengan susu. Ini disebabkan karena kalsium yang dikandung dalam susu bisa membentuk ikatan dengan zat-zat dalam beberapa obat dan meghalangi penyerapan oleh lambung. Contohnya adalah tetrasiklin, zat yang biasa ada dalam antibiotik untuk obat flu.

Namun, ada beberapa obat yang justru lebih baik diminum bersama susu.
Misalnya NSAID, Non Steroidal Anti Inflammatory Drug
Namun, . Yang terkenal adalah aspirin dan ibuprofen. Obat-obatan yang tergolong dalam NSAID bersifat lypophylic, mudah larut dalam lemak sehingga biasanya obat-obat seperti ini dianjurkan untuk diminum dalam waktu 30 menit sesudah makan.

Alasan lainnya ialah karena NSAID menyebabkan iritasi lambung. NSAID merupakan obat pembunuh rasa sakit atau painkiller yang bekerja dengan cara menghambat terbentuknya prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah zat yang selalu ada dalam sel tubuh dan bekerja sebagai zat yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit, namun juga punya tugas lain, yaitu membantu terbentuknya selaput mukosa lambung. Dengan terhambatnya prostaglandin oleh aspirin, rasa sakit dan infeksi pun hilang, namun pada saat yang bersamaan, lambung menjadi rentan terhadap iritasi karena selaput mukosanya berkurang. Oleh karena itu, obat-obat NSAID biasa diresepkan untuk diminum sesudah makan, supaya makanan yang masuk terlebih dahulu bisa melindungi dinding lambung. Bila kita tidak sempat makan, susu boleh diminum sebagai penggantinya. Di Jepang, bahkan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa obat sakit kepala boleh diminum dengan obat sakit maag. Namun ini tidak selalu benar, karena obat sakit kepala yang kita minum belum tentu termasuk dalam golongan NSAID dan belum tentu semua obat sakit maag membantu pembentukan selaput dinding lambung.

Bagaimana dengan jus, kopi atau teh?

Sama dengan susu, jus, kopi dan teh masing-masing mengandung zat-zat seperti vitamin C, kafein dan tannin yang mungkin saja bereaksi dengan obat yang kita minum. Sementara itu, air putih netral, tidak mengandung apa-apa yang bisa bereaksi dengan obat.

Air putih akan melarutkan obat dalam lambung sehingga lebih mudah diserap. Lebih baik lagi kalau airnya hangat, proses pelarutan akan lebih cepat. Obat yang ditelan begitu saja tanpa air putih bisa menempel di suatu tempat tertentu di lambung dan menyebabkan iritasi lambung juga. Oleh karena itu, lebih baik obat diminum bersama air putih. Minuman lain seperti kopi, sebaiknya diminum satu jam setelahnya, ketika sudah tidak ada lagi sisa obat di lambung.

Sumber:
http://www.chem-is-try.org/?sect=tanyapakar&ext=33


4 Comments

  1. suryopranoto says:

    aduh kasihan bet dah soulmatekyu sakit

  2. tia says:

    mas, ini yang gay yang mas su*** apa mas si***? saya curiga deh..

    mas sidik kok jarang ke leb sih, sibuk ngapain mas? kasian mas fajar tu ditemenin mas..
    kembalilah mas sidik ;D.

    • prabowosidik says:

      hhhh
      yg gay itu mas su*** tu
      kl aq kan jelas udah ada pasangan yang jenisnya “hawa”
      nah kalau mas su*** ??
      hehehe piss truk !!!
      iy ni sibuk…..
      sibuk tdr d kost😀
      hahahah
      fajar damai2 aja ko d lab
      slama masih banyak pengunjung yg cewek…
      dia mah enjoy AJa!!

  3. saya memang takut minum susu, biasanya ad masalah dengan kulit nantinya………..

Leave a Reply

