Home »

Pc Router dengan windows

Categories

Calendar

March 2009
M T W T F S S
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

RSS Detik.Com

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

tBegini ceritanya dikostan saya ingin nyambung wireless dengan jaringan di kampus, yang kurang lebih jaraknya 1 km, nah jadi qt spakat untuk urunan buat beli Acces point, n antenaannya sudah ad yang buat namanya mas bari (jadi nama antenannya baribolik :)  hehehe…) kalo merek APnya saya pake tp-Link , yg seri  TL-WA601G ,

sama sebuah pigtail panjang maksimal yang dianjurkan yaitu 50cm soalnya kalo kepanjangan ntar redamannya jadi besar (bisa tambah ajeb2 ntar jaringannya🙂 )

next we moved on pc configuration

spesifikasi dari pc yang saya pake

  • RAM 2048
  • prosessor p4 3,0 (tapi ini g mutlak harus kaya gini paling ga minimal ram 512 )
  • 2 NIC (Network Interface Card) *yang masih berfungsi tentunya heheh…

katakanlah di NIC yang pertama saya namakan LAN-Switch ini berfungsi untuk menghubungkan pc saya dengan switch di jaringan kostan saya.

selanjutnya di NIC yang kedua saya namai dengan LAN-AP untuk menghubungkan dengan Acces Point yang berada di luar.

LAN-AP saya seting dengan ip yang saya dapat dari kampus saya (karena kebetulan wireless menggunakan DHCP, maka saya tinggal mencari IP dan udah deh dapat smuanya, mulai dari IP,DNS server Defaul gateway dll disini saya dapat IP 10.14.208.xx subnet mask 255.255.255.0 DNS 10.14.203.xx ), tapi untuk yang menggunakan layanan ISP silahkan masukan configurasi yang didapat dari ISP masing-masing. setelah selesai coba ping gateway jika berhasil maka selanjutnya adalah mengaktifkan connection sharing pada koneksi ini dengan cara klik kanan pada koneksi LAN-Ap trus –>>properties advances trus centang deh tulisan “allow other  network ..bla.bla. dst”

LAN-Switch

untuk LAn Switch in tidak perlu dilakukan setting yg lain2, cukup mengisi IP address dengan 192.168.0.1 dan subnet mask 255.255.255.0 selain itu biarin aja kosong,

udah deh sebuah PC router hangat siap digunakan🙂

oia satu lagi untuk settingan pada client cukup menambahkan default gateway dengan IP dari PC router itu tadi..

n tambahan lagi , mungkin ada yang bertanya apakah setiap mau nyambung dengan menggunakan wireleess harus melakukan setting terhada sebuah PC yang dikorbankan agar menjadi router ??

jawabannya tidak, karena anda bisa langsung membeli Access Point yang sudah integrated fungsi router didalamnya jadi tinggal pake n g usah repot2 setting2 lg, hehehe #peace

smoga bermanfaat..

wassalam


1 Comment

  1. suryo pranoto says:

    wogh,,, master !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: